Bandung – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah atau tahun 2018 Masehi, Universitas Sangga Buana YPKP gelar acara Halal bi halal pada hari Jum`at (11/05) di GSG Universitas Sangga Buana YPKP. Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun itu merupakan wujud silaturahmi seluruh keluarga besar USB YPKP dalam rangka menyambut bulan Ramadhan.

Acara yang dipandu oleh Duta Kampus 2018 ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur`an oleh Bapak Erwan Komara, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Yayasan Pendidikan Keuangan dan Perbankan, Bapak Dr.H.Ricky Agustyadi serta sambutan dari Rektor USB YPKP, Bapak Dr.H. Asep Effendi. Acara tersebut dihadiri oleh dosen beserta karyawan dan seluruh civitas akademika USB YPKP.

Sambutan dari Ketua Yayasan Pendidikan Keuangan dan Perbankan (YPKP), Dr.H.Ricky Agustyadi  di GSG USB YPKP, Jumat (11-5-2018)
Sambutan dari Ketua Yayasan Pendidikan Keuangan dan Perbankan (YPKP), Dr.H.Ricky Agustyadi di GSG USB YPKP, Jumat (11-5-2018)

Dalam arahannya Bapak Ricky mengatakan, Beberapa hari lagi, kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Sebagai seorang muslim yang ingin mencapai derajat takwa dan menjadi orang yang muttaqin, kedatangan bulan yang penuh rahmat dan maghfirah ini, tentu kita sambut dengan gembira dan penuh rasa syukur.

“Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita melakukan persiapan diri untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan, agar Ramadhan kali ini benar-benar berkualitas dan dapat mengantarkan kita menjadi orang yang bertakwa.”

Kemudian acara dilanjutkan dengan Pemberian bantuan kepada 12 Dosen Tetap USB YPKP untuk melanjutkan Studi Program S3 yang diserahkan langsung oleh ketua umum Yayasan Pendidikan Keuangan dan Perbankan beserta jajarannya. Kemudian acara inti yaitu tausiyah/ Siraman Rohani yang disampaikan oleh Ustad Aming dari Mesjid Al-Ukhuwah Kota Bandung. Dalam kesempatan tersebut ustad menyampaikan hal–hal yang menyangkut dengan kesiapan menyambut bulan suci Ramadhan serta ibadah yang perlu dikerjakan selama menunaikan ibadah puasa.

“Ramadhan merupakan momentum bagi kaum Muslimin untuk meningkatkan amal ibadahnya. Perbanyaklah baca Quran, shalat sunah, dan sedekah atau infak.” Jelas Ustad Aming.

Menurutnya apa yang selama ini dilakukan masyarakat pada bulan Ramadhan, yakni tadarus, itu baik. Namun, yang harus dipahami, tadarus itu bukan sekadar membaca Alquran, melainkan juga mempelajari makna dan pesannya.

“Jadi, bukan sekadar target jumlah surat yang kita baca selama Ramadhan, misalnya satu kali khatam, melainkan juga kita coba pahami makna dan pesan yang terkandung dalam surat-surat dan ayat-ayat yang kita baca tersebut” pungkasnya.

Sebagai bentuk  rasa syukur atas kebahagiaan yang didapat menjelang bulan suci Ramadhan ini, jajaran Yayasan dan Rektorat memberikan santunan dan bingkisan kepada Santri dari Panti Ulul Albab Kota Bandung.

Pimpinan Yayasan dan Rektorat berfoto bersama santi dari Panti Ulul Albab Kota Bandung.
Pimpinan Yayasan dan Rektorat berfoto bersama santi dari Panti Ulul Albab Kota Bandung.

Sebagai penutup Acara, dilanjutkan dengan Musafahah antara semua unsur mulai dari pimpinan dan semua Karyawan USB YPKP, Pengawas dan pembina YPKP, serta pensiunan dosen dan karyawan. Pada kesempatan itu Rektor USB YPKP, Dr.H.Asep Effendi menyampaikan permohonan maaf sekaligus doa dan dukungan dalam mengemban amanah memajukan dunia Pendidikan.

Keluarga besar Universitas Sangga Buana YPKP mengucapkan marhaban ya Ramadhan dan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1439 H semoga amal ibadah kita selama bulan suci Ramadhan diterima oleh Allah Swt…….

( Feby Kurniawan/Humas )